Setelah anda mempelajari tentang cara upload/menambahkan video ke blog dalam berbagai cara, sekarang kita akan selangkah lebih maju dari sebelumnya yaitu memodifikasi video dengan mengubah ukuran video di blog.

Saat anda meng-upload video ke dalam blog dari suatu situs tertentu, maka video tersebut akan nampak dalam ukuran default. Ukuran ini tentu saja tergantung dari tempat anda meng-upload video tersebut, dan anda sendiri, sebenarnya bisa mengubah ukuran video di blog sesuai dengan keinginan anda.

Mengubah ukuran video di blog tidak sesulit apa yang anda bayangkan. Anda hanya perlu sedikit mengutak-atik tinggi dan lebar video agar sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengubah Ukuran Video

Mengubah ukuran lebar dan tinggi secara proporsional.
Bila anda adalah seorang yang peduli dengan kualitas video yang muncul pada artikel anda, maka hal ini penting untuk anda perhatikan (tidak selalu penting untuk dilakukan). Saat anda berencana untuk mengubah ukuran video, maka yang harus anda perhatikan adalah rasio ukuran dari video tersebut. Karena bila salah satu ukuran lebih panjang dari yang lain akan membuat gambar terlihat seperti merenggang, dan nampak sangat tidak baik saat ditonton. Bila anda ingin meningkatkan atau mengurangi ukuran lebar dari video, maka untuk mendapatkan ukuran tinggi dari video, anda harus mengalikan nilai ukuran lebar video dengan 0.8235. Ini adalah rumus agar rasio lebar dan tinggi video anda tidak berubah saat anda mengubah ukurannya.

Menyesuaikan dengan lebar halaman post
Agar video benar-benar terlihat bagus di halaman post anda, maka sebelum anda mengubah ukuran lebarnya, pastikan bahwa ukuran lebar video anda tidak melebihi ukuran halaman post (khususnya untuk ukuran lebar). Bila anda tidak tahu seberapa besar ukuran lebar halaman post, anda dapat melihatnya di halaman HTML pada menu template dengan mencari kode main-wrapper atau main.., biasanya nilai lebar dari halaman post terletak dibawah kode tersebut.

Mengubah Ukuran Video di Blog

Setelah anda mengupload sebuah video ke dalam blog, anda dapat melihat kode video tersebut pada halaman HTML (yang terletak disamping compose)



Selanjutnya, anda dapat mengubah angka pada kode script video yang anda upload
Video yang di Upload dari Youtube

Kode yang terlihat seperti ini (contoh)


<object class="BLOGGER-youtube-video" classid="clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000" codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=6,0,40,0" data-thumbnail-src="http://0.gvt0.com/vi/T6jmyRAmTBA/0.jpg" height="266" width="320"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/T6jmyRAmTBA&fs=1&source=uds" /><param name="bgcolor" value="#FFFFFF" /><param name="allowFullScreen" value="true" /><embed width="320" height="266"  src="http://www.youtube.com/v/T6jmyRAmTBA&fs=1&source=uds" type="application/x-shockwave-flash" allowfullscreen="true"></embed></object>

Di sini anda bisa mengubah ukuran dari video dengan mengubah angka yang diberi warna merahsesuai dengan yang anda inginkan. 

Selain cara tersebut, anda juga dapat mengubah ukuran video melalui ukuran yang telah disediakan oleh YouTube.




Video yang di Upload Melalui Blogger Menggunakan Ikon Insert Video
Kode yang terlihat seperti ini (contoh)

<object id="BLOG_video-a1562bgf51359f46" class="BLOG_video_class" contentid="a1562bgf51359f46" width="320" height="266"></object>


Angka yang diberi warna merah dapat anda ganti untuk ukuran video yang anda inginkan. 

Pada dasarnya seperti itulah cara untuk mengubah ukuran blog. Darimanapun anda mengupload video, anda dapat melakukan hal yang sama seperti di atas. Hanya tinggal mengubah ukuran lebar dan tinggi video saja.
 
Top